Mengenai Saya

Foto saya
Pangandaran, West Java, Indonesia
Simple

Rabu, 13 Juni 2012

AKIBAT MENGABAIKAH 'SHALAT'

Pada suatu kesempatan, Uqail bin Abi Thalib mengikuti perjalanan Rasulullah SAW. yang membuatnya semakin mantap memeluk agama Islam, setelah ia menyaksikan keajaiban-keajaiban.
Diantara keajaiban itu adalah :
Tiba-tiba saja seekor unta melompat dan berlari ke hadapan Rasulullah SAW. seraya berkata "Ya Rasulallah !, aku mohon perlindngan kepadamu dari ancaman majikanku". Belum selesai unta itu mengadu, dari belakang nampak datang seorang Arab Badui (kampung) dengan pedang terhunus di tangannya.
Melihat itu, Rasulullah SAW. langsung bertanya kepada badui itu ; "Hendak engkau apakan unta itu?" tanya Rasul.
Ya Rasulallah !, aku telah membelinya dengan harga yang mahal tapi dia tidak mau taat dan tidak jinak kepadaku. Aku pikir lebih baik di potong saja, lalu dagingnya akan aku sedekahkan kepada orang-orang yang membutuhkannya". Jawab Badui enteng.
Kemudian Rasulullah, bertanya kepada unta " "Hei unta mengapa kamu tidak taat kepada perintah majikanmu?".
Dengan masih agak gugup unta itu menjawab ;
"Wahai Rasulullah !, aku bukannya tidak mau taat apalagi bermaksud mendurhakainya tentang pekerjaan yang memang sudah menjadi kewajibanku. Tetapi aku menjadi enggan dan membangkang kepadanya disebabkan dia adalah termasuk orang-orang yang sering meninggalkan shalat, dan perbuatan buruknya. Aku takut kepada Allah jangan-jangan Allah menurunkan balak dan musibah serta siksa-Nya kepada mereka, sedang aku berada ditengah-tengah mereka" katanya rinci.

Si unta lalu melanjutkan ;
"Kalau saja mereka membuat janji kepada Engkau Rasul!, bahwa mereka tidak akan lagi meninggalkan shalat lima waktu, khususnya shalat Isya', maka akupun janji akan senantiasa patuh dan tunduk kepada perintahnya".
Akhirnya Nabi SAW. membuat perjanjian dengan orang Badui tersebut, bahwa dia tidak akan meninggalkan shalat Isya' lagi. Selain itu Nabi Muhammad SAW. menyerahkan unta itu kepada pemiliknya yaitu si Badui itu.
Kita simak sabda Rasulullah SAW. yang artinya ;
"Shalat yang paling dirasakan berat oleh orang-orang munafiq adalah shalat Isya' dan Shubuh. Kalau seandainya mereka mengetahui apa-apa (pahala) xang ada pada keduanya, mereka pasti akan mendatangi berjamaah walau dengan merangkak" (Muttafaquh 'Alaih).





http://romdani45498.blogspot.com/2011/02/akibat-mengabaikah-shalat.html