Mengenai Saya

Foto saya
Pangandaran, West Java, Indonesia
Simple

Jumat, 01 Juni 2012

Seperti Apa Diri Kita yang Sebenarnya Duhai Ukhti ( ? )

Duhai ukhti...dirimu teramat berharga..maka jagalah dirimu, sikapmu, akhlakmu, ibadahmu...^.^
Klo lagih merenung, pasti suka inget perkataan orang - orang yang ada di sekitarku. Mangkanye klo lagih cerita di MP, icha suka nulis: "jadi inget kata bla bla bla....". Alhamdulillah, masih banyak orang yang mau menyempatkan diri untuk sekedar ngasih tausiyah ke icha, subhanalloh.
Critanya lagi merenungi perjalanan hidup nih, hehe. Beberapa minggu lalu, masih inget banget kakak ipar kesayangan icha ( Mb.Iva, salah satu admin RDM ini ) ngasih pesen,"Icha...icha itu teramat berharga. Icha itu aset dakwah. Mba ga mau icha nantinya jadi contoh yang tidak bener bagi saudari2 kita yg lain diluar sana.." . Wajar klo kekhawatiran seperti itu terbersit di pikiran seorang murobbiyah *luv U coz Alloh Mba iva..:)*. Karna klo ngeliat kasus2 di ikhwah saat ini, banyak yang bikin kita mesti banyak2 beristighfar. Dan sebagai seorang akhwat yang mestinyah jadi panutan, kita harus bener2 pinter ngejaga diri.
Dulu icha slalu berfikir, slama icha bisa ngejaga hati, nyantai ajahlah klo ngadepin kaum adam. Mungkin ini juga tuntutan hidup kali yaak *halah bahasanyah*. Secara, icha kan backgroundnyah teknik. Biasa gaul ama cowo', dimanapun kapanpun dan ama siapapun. Cuman lama2, ternyatah kudu ekstra ketat untuk ngejaga diri.
Okeh, kita bisa ngejaga hati..tapi lawan bicara kita? atau mungkin ada prilaku kita yang terkesan memancing lawan jenis kita untuk berbuat yang kurang baik ke kita. Itu yang ternyatah kudu dipikirin. Jadi, normal2 ajah dah klo mo gaul *emang slama ini icha kaga'normal yaak?haha*. Untuk lebih ngejaga ajah sih. Icha suka bilang ke temen2 ikhwan,"Icha mang kaya' gini, jadi jangan GR yaak..." Jadi, temen2 ikhwan icha sejauh ini nyantai2 ajah klo maen ama icha dalam satu komunitas dakwah *di belakang mah wallohu'alam hehe..*.
Ada beberapa masalah yang pengen Icha sorot kali ini. Tentang perilaku kita sebagai seorang muslimah...
Pertama
Icha pernah protes ama MR, paska diamanahi kegiatan sosial yang ngelibatin banyak pihak. Apa si yang diprotesin? icha sebel ama ikhwan2nyah yang ternyatah diem2 ngambil poto seorang akhwat *akhwatnyah siapa, kaga' penting jg, haha*. Bukan nuduh si, icha kan ngecek kamera digitalnya, heuheuhue mengerikan. Dan akhirnyah jadi bahan evaluasi buat kami. Kata MR,
"Akhwat jaman sekarang pada aneh2 ya? pas kmaren kan dipotoin ama ikhwannya. Kok ga malu ya, abis difoto gitu malah nyamperin ikhwannya sambil nanya "bagus ga potonya? yah jelek, ulang lagi deh." Jaman Mba mah ga ada yang kaya' gitu."
"Hehe, iya Mba. Icha ajah yang sering maen ama ikhwan, kaga'ampe segitunyah. Itu jg yang bikin aku risih."
Jadi, akhwatnyahpun banyak yang bermasalah. Mungkin icha jg termasuk...T.T
Kedua
Keingetan sodari icha yang slalu ngasih nasehat, klo icha lagih kena masalah2 aneh. "Lebih dijaga ajah cha. Ane percaya, anti bisa ngejaga hati tapi mereka?". Beberapa bulan ini dapet kabar, klo sodariku itu lagi deket ama seorang ikhwan. Bahkan suka jalan bareng, ampe ke-gap di suatu tempat ama kakak klas icha, masyaAlloh. Sodariku yang laen pernah ngecek isi HPnyah..dan ternyatah SMSan mereka dah masuk tahap memanggil dengan panggilan "Ummiy", padahal status mereka bukan suami istri *apalagi ibu dan anak, hehe*. Tamparan buat icha..Kemana ajah dirimu cha..?? masyaAlloh...
Ketiga
Dapet kabar dari sahabatku, tuh anak lagih pusing ngurusin ikhwan akhwat yang katanyah lagih proses taaruf tapi, lebih ke arah pacaran. Yang jadi masalah, kasus itu bener2 berdampak besar untuk jama'ah. Karna mereka itu orang2 penting di kampus. Jika amal bukan dilandasi kecintaan kita kepada Alloh, maka jadi mudah terkotori. Itu yang bisa icha ambil.
Keempat
Pernah denger celetukkan temen2 ikhwan pas kita lagih ngumpul dulu.
"Lu tau ga cha, akhwat itu klo usianya dah mateng trus belon nikah, biasanya mereka lebih agresif.Mereka ga ragu untuk ngejar ikhwan yang mereka suka."
"Heh?masa?"
"Yah, lu belon tau."
Temen2 ikhwan icha nerusin obrolan "aneh"nya itu. Icha mah BETE baed ngedenger mereka klo lagih ngebahas yang gajebo gitu. Mungkin karna si akhwat ini kurang bisa ngendaliin dirinyah, atau ruhiyahnyah lagih jelek, dll dkk. Icha brusaha nyari alesan yang positif tentang akhwat yang diceritain sama ikhwan2 temenku itu.
Harusnyah kita blajar positif thingking sama Alloh...klo Icha lebih berfikir, mungkin mnurut Alloh belum ada ikhwan yang pantes untuk si akhwat itu jadi, belom berjodoh sama ikhwan manapun. Klopun diantara kita ada yang mau bertindak seperti siti Khodijah yang melamar Rosulullah.. boleh2 ajah, karna Islam kaga' ngelarang itu. Tapi, yang mesti diperhatiin itu prosesnya. Jangan ampe kita ngelakuin perbuatan2 yang kaga' ahsan di mata Allah dan orang mukmin. Ngelakuin PDKT ama ikhwan yang kita suka, ngerayu, ngebujuk, maksa, duh..sayang baed klo misalnyah kita ngotorin diri dengan prilaku yang "memalukan" itu. Anti terlalu berharga untuk ngelakuin perbuatan serendah itu.
Klo kata Mama...
"ikhwan baik itu pasti bakalan kabur klo dideketin sama akhwat centil. Akhwat baikpun bakalan kabur klo dideketin ama ikhwan genit, kecuali kamu yang suka cuek dan ga nyadar.." kata Mama nyengir*hadoh, kena lagih dah*.
Kelima
Ketemu sama ibu-ibu pengajian dirumahku. Hari itu yang jadi topik pembicaraan yaak icha *resiko gadis di sarang ummahat, hahaha*.
"Ikhwan skarang mah dah brani yaak, ngomong sama akhwat tuh ga jaga pandangan. Pas jaman kita mah, mo lewat ajah sampe milih jalan yang laen biar ga ktemu. Trus jg, ikhwan skarang klo mo nikah, pasti yang dicari tuh yang cantik. Padahal klo kita ngeliat ikhwan2 jaman dulu, subhanalloh. Banyak ikhwan yang ganteng tapi isterinya biasa2 ajah. Karena mereka menikah untuk keberlangsungan dakwah."
"akhwat jg banyak yang kaya' gitu kok Bu." sahut icha membela.
"he'eh, heran yaa jaman sekarang. Ujian dakwahnya justru yang kaya' begini. Bikin lalai. Klo jaman dulu, kaya'nyah ga ada waktu untuk ngebahas kasus2 kaya' gini. Akhwat2 pada sibuk untuk mempertahankan jilbabnya di era 80-90an. Waktu itu mo pake jilbab ajah susah. Sampe banyak temen2 saya yang dikeluarin dari skolahnya gara2 kasus itu."
"Revolusi jilbab, icha pernah baca bukunyah." icha nyeletuk.
"Ada lagi istilah jilbab racun, di pasar2 suka rame." Sambung Mama"Betul Bu,itu fitnah untuk wanita2 yang berjilbab. Dan karna kita tetep istiqomah, Alhamdulillah akhirnyah perjuangan itu berhasil. Semua perempuan bebas pake jilbab, meskipun banyak masih melenceng dari jilbab yang syar'i."
Itu topik icha hari itu. Subhanalloh...
Keenam
Ngeliat fenomena paska kampus. Banyak akhwat yang jilbabnya mulai naek. Ada beberapa yang mulai pacaran. Ada yang brenti ngaji. Sedahsyat itukah paska Kampus???cuman mo berbagi ama sodari2kuh yang ada di sini. Untuk ngadepin dunia paska kampus, mending disiapin dari sebelum lulus dari kampus masing2. Klo dulu..yang icha lakuin pertama...mengkondisikan keluarga untuk kedepannyah seperti apa. Klo yang ba'da lulus mo langsung nikah, kondisikan dulu ortunyah, biar kaga' kaget klo tiba2 ada ikhwan yang dateng ke rumah untuk ngekhitbah.
Jangan sampe pas kita mo nikah, justru ortu yang kaga' ngijinin dengan alesan belon kenal ama ikhwannyah. Atau jadi bertabaruj ria pas walimahan, karna alesan ortu yang mau klo kita dandan ato make jilbab dililit. Itu bukan alesan ukhti. Ortu itu bisa kita kondisikan insyaAlloh. Karna sekeras2nya orang tua, pasti akan luluh klo kita ngasih masukan yang baik dengan cara yang baik pula. Jangan malah ngambeg. Ada jg kaga' bakal jadi nikah, karna ntar dianggep kekanak2an ama ortu, hahaha.
Icha selalu slalu ngingetin buat temen2 semua: "Klo nanti di kantor kalian, kalian diminta untuk buka jilbab ato mendekkin jilbab. Mending keluar ajah. Rezeki kan datengnya dari Alloh. Kenapa kita harus ikut aturan manusia dan melalaikan aturan Alloh?"
Apa diriku yang terlalu keras ato saklek, icha mang kaga' suka klo ada yang ngubah gaya jilbab jadi lebih "menantang" klo cuman karna kerjaan, dll. Ayolah ukhti, pemahaman anti dah baguslah tentang hijab. Masa' cuman gara2 kerjaan gaya anti jadi nyeleneh gitu. Soalnyah ba'da lulus kuliah, pasti banyak yang jadi pengangguran sementara. Klo dah gitu biasanyah jadi jumud trus males. Jadi, mending siap2 dah. Karna kaga' jaminan jg, siapa yang bakal bertahan dan siapa yang bakal tersisih dari jalan dakwah ini...
Itu segelintir yang ada di pikiran icha saat ini. Tentang dunia kita. Tentang dakwah kita. Dan pada nantinyah kita akan kembali asing. Karna yang buruk dihadapan Alloh telah menjadi suatu kewajaran di dunia ini. Dan aturan Alloh justru dianggap sebagai beban bagi para ummatnyah. Khususnyah wanita. Padahal, dibalik aturan2 yang Alloh buat, semuanyah menjamin kemashlahan Ummatnyah. Karna begitu berharganyah engkau duhai ukhti...
Semoga bermanfaat yach, hanya ingin berbagii pengalaman sedikit..



http://romdani45498.blogspot.com/2011/02/seperti-apa-diri-kita-yang-sebenarnya.html