Mengenai Saya

Foto saya
Pangandaran, West Java, Indonesia
Simple

Senin, 27 Februari 2012

Sudut Pandang

Tiga orang buta diberi kesempatan untuk memegang seekor gajah dari sisi yang berbeda. Setelah itu mereka diminta untuk menyimpulkan bentuk gajah yang telah mereka pegang tadi.
Orang buta pertama menyimpulkan bahwa gajah berbentuk panjang seperti ular, karena yang ia pegang adalah belalainya. Orang buta kedua menyimpulkan bahwa gajah berbentuk tipis dan lebar seperti kipas karena yang ia pegang adalah telinganya. Dan orang buta yang ketiga menyimpulkan bahwa gajah berbentuk tegap, keras dan kaku, seperti sebuah batang pohon, karena yang ia pegang adalah kakinya.
Lalu, apakah salah kesimpulan yang mereka dapatkan? Tentu tidak, karena mereka hanya memegang dari sisi pegang yang berbeda.
Begitu pula dengan kita. Setiap orang punya sudut pandang yang berbeda terhadap suatu masalah yang dihadapi dan solusi yang akan diambilnya. Tapi sayangnya, karena sifat egois yang melekat kuat dalam diri, seringkali kita memandang bahwa sudut pandang orang lain terhadap suatu masalah tersebut adalah salah, sehingga tanpa disadari kita menghakimi dan menjelek-jelekkan orang lain sampai terjadi cekcok dan bentrok yang berkepanjangan. Lalu pantaskah hal ini terjadi?


Oh, alangkah indahnya hidup ini, bila kita bisa bersikap bijak dan toleran seraya mengesampingkan ego diri, sehingga orang lain yang berbeda sudut pandang dengan kita tidak tersakiti hatinya lantaran sikap egois yang telah melekat kuat dalam diri kita. Semoga.


http://romdani45498.blogspot.com/2010/11/sudut-pandang.html