Mengenai Saya

Foto saya
Pangandaran, West Java, Indonesia
Simple

Minggu, 20 Mei 2012

Saudaraku, jangan Lebay yach?

Wahai anak adam (manusia) ambilah pakaianmu ketika hendak memasuki masjid (sholat), makan dan minumlah dan jangan engkau berlebih-lebihan, karena Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan” (QS al-A’raf : 31).
Sahabatku, hati-hati nich dengan kebiasaanmu yang lebay. Israf yang akrabnya kita sebut “Lebay” ini sesungguhnya penyakit hati yang merajalela dan berbahaya. Israf secara harfiyahnya adalah boros atau melebihi batas kebiasaan, atau bisa juga diartikan dengan melakukan segala sesuatu yang diluar kemampuan. Beberapa perbuatan israf yang dekat dengan kita tanpa kita sadari. Check this out :
  1. Makan dan Minum. Pola makan yang tidak baik memberi dampak yang tidak baik buat tubuh kita. Terlalu cepat atau kebiasaan menunda makan sama artinya  mengundang penyakit. Efeknya tentu ke diri kita sendiri. “Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang”.
 Begitulah Rasul mengajarkan kita. Namun kita sebagai manusia biasa terkadang khilaf. Ketika melihat makanan enak tersaji di dapur khilaf juga jadinya tanpa baca doa, tanpa cuci tangan, dalam sekejap bersih semua makanannya. So, buat sahabatku, jangan lebay yach kalau lagi makan dan minum.
“Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesunggahnnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (Al A’raf: 31)
2. Lebay dalam berpakaian. “Haduch, zaman sekarang pakaian aneh-aneh saja, Basahan untuk mandi kok di pakai untuk nyanyi” Jangan heran sahabatku, begitulah emak ku tercinta berkomentar saat melihat artis yang pakaian rok nggak sampai lutut, terkadang baju punya adeknya di pakai. Pakaiannya memang nggak berlebihan, dasar pakaiannya kurang lagi ada. Tetapi maksud si pemakai yang Lebay, karena si pemakaiannya berniat mencari sensasi. Lebay juga kan jadinya?
3. Tempat tinggal, kendaraan dan gaya hidup yang lebay. Sekeluarga hanya ada 3 orang tapi pembantu 7, Rumah 2, Motor 5, mobil 2. Allahu Akbar. Tajir amat yach itu orang?!?!? Itu hanya misalkan, mudah-mudahan kita termasuk orang yang pandai mensyukuri nikmat Allah dan mengerti cara menggunakan harta di jalan Allah, selalu. Amiiiiin!  
“Hingga apabila Kami timpakan adzab kepada orang-orang yang hidup mewah di antara mereka, dengan serta merta mereka memekik minta tolong. Janganlah kamu memekik minta tolong pada hari ini. Sesungguhnya kamu tiada akan mendapat pertolongan dari Kami.” (Al Mu’minun: 64-65)
4. Lebay dalam berbicara. Nach, yang satu ini paling dekat dan amat dekat dengan kita terutama bagi kaum hawa. Hati-hati yach buat yang suka berbicara. Mulutmu harimaumu, dan diam adalah emas. Sahabat, engkau dan diriku adalah sama. Kita masih sama-sama belajar dan memperbaiki lisan kita. Selalu berusaha untuk melafaskan setiap ucapan yang baik dari mulut kita.
"Dan berikan kepada keluarga-keluarga terdekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang berada dalam perjalanan, dan janganlah kamu menghambur-hamburkan harta-hartamu secara boros. Sesunggunya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan." (QS : Al Isro': 26-27).
Nach, sahabatku. Orang yang lebay atau israf adalah temannya syaitan. Maka berhati-hatilah. Jangan lebay lagi yach sahabatku. Upz, tapi ada juga Lebay yang sangat dicintai oleh Allah. Masih ingat kan dengan notes Nai yang kemarin. Tepat, Anda benar! Lebay dalam bersedekah. Allah mencintai bagi mereka yang lebay dalam bersedekah. So, galakkan terus berbagi rezeki buat orang disekitarmu. Ingat! Didalam hartamu terdapat juga hak mereka.
"Barang siapa yang membelanjakan seratus ribu dirham dalam ketaatan bukanlah israf, sebaliknya barang siapa yang membelanjakan satu dirham dalam kemaksiatan adalah israf. Dan siapa yang mencegah dirinya dari membelanjakan hartanya maka ia kikir (al-qatr)".
Dengan demikian, sedikit atau banyaknya harta yang dikeluarkan bukan menjadi ukuran penghamburan, melainkan dilihat dalam hal apa harta itu dibelanjakan.